Sejarah Virus!!
Semakin maju zaman semakin maju teknologi semakin maju pula perkembangan Virus atau software perusak (MALWARE). Disini saya akan menjelaskan sejarah virus pertama kali dibuat hingga saat ini virus bersedar!

1.Apa itu virus ?
Virus komputer adalah sebuah program kecil yang bisa menggandakan dirinya sendiri dalam media penyimpanan suatu komputer. Formalnya adalah sebagai berikut :
Virus juga mampu, baik secara langsung ataupun tak langsung, menginfeksi, mengkopi maupun menyebarkan program file yang bisa dieksekusi maupun program yang ada di sektor dalam sebuah media penyimpanan (Hardisk, Disket, CD-R). Virus juga bisa menginfeksi file yang tidak bisa dieksekusi (file data) dengan menggunakan macros (program sederhana yang biasanya digunakan untuk melakukan suatu perintah). Intinya adalah kemampuan untuk menempel dan menulari suatu program. Virus bukanlah sesuatu yang terjadi karena kecelakaan ataupun kelemahan perangkat komputer karena pada hakikatnya, semua virus merupakan hasil rancangan intelegensi manusia setelah melalui beberapa percobaan terlebih dahulu layaknya eksperimen-eksperimen ilmiah di dalam bidang-bidang lainnya. It’s all about alghoritm …..

2. Perbedaan virus, worm, dan trojan horse
Selain virus dalam artian seperti disebut diatas, kita juga mengenal program yang disebut Trojan horse (Kuda Troya). Trojan horse sebenarnya bukanlah sebuah virus dalam artian sesungguhnya, karena program ini tidak memiliki kemampuan untuk menggandakan dirinya ke program lain. Namun demikian, program ini tidak kalah berbahaya jika dibandingkan dengan program virus komputer.
Trojan horse umumnya dikemas dalam bentuk sebuah program yang menarik. Namun dibalik ‘pesona’ software tersebut, tersembunyi fungsi lain untuk melakukan perusakan. Pengguna komputer yang mendapatkan file ini umumnya akan terpancing untuk menjalankannya. Akibatnya tentu fatal, karena dengan demikian si pengguna telah menjalankan rutin-rutin perusak yang
dapat mendatangkan malapetaka pada sistem komputernya.

3.Sejarah virus dan malware lainnya
Meskipun banyak pihak yang bersepakat bahwa worm dan trojan tidak dapat dikategorikan sebagai virus, namun dalam sejarahnya, penyampaian riwayat perjalanan virus akan selalu disertai oleh cerita-cerita tentang kemunculan dan aksi-aksi dari malware lainnya, yaitu worm dan trojan. Hal ini memang tidak dapat dihindari karena kedua ‘makhluk’ tersebut lahir sebagai imbas dari kemampuan virus sendiri.

1981 : Virus Pertama di komputer (nenek moyang virus)
Pada tahun 1981, program yang bernama Elk Cloner muncul di komputer Apple II. Program ini (pada tahun ini istilah computer virus belum ditemukan) menampilkan enam baris kalimat di monitor komputer seperti berikut

1983 : Dokumentasi computer virus pertama kali
Pada tahun 1983, ujicoba dokumentasi virus pertama kali dilakukan oleh Fred Cohen. Cohen adalah seorang mahasiswa S3 sekaligus peneliti yang secara teoretis dan dengan berbagai eksperimen ilmiahnya mampu memberikan pengertian dan pemahaman kepada dunia bahwa akan ada ‘makhluk baru’ di sekitar kita yang sangat potensial menjadi ‘pengacau’ di dalam perkembangan abad komputer dan telekomunikasi.
1986 : Virus pertama di PC

‘The Brain’ adalah nama untuk virus yang pertama kali diketahui menjangkiti PC. Virus ini dibuat oleh dua orang bersaudara asal Pakistan, Basit and Amjad, pada tahun 1986. Virus ini menjangkiti disket yang dimasukkan pada PC bersistem operasi MS-DOS. Seiap disket yang sudah terinfeksi akan memiliki volume label : “ © Brain ”. ‘The Brain’ juga kerap disebut sebagai virus stealth komputer yang pertama karena virus ini mampu menguasai tabel interrupt pada DOS (Interrupt interceptor). Virus ini berkemampuan untuk mengendalikan instruksi-instruksi level DOS dan biasanya mereka tersembunyi sesuai namanya baik secara penuh ataupun ukurannya.

1987 : Virus menyerang ekstensi *.COM
Tahun ini merupakan tahunnya virus file. Varian ini secara khusus menyerang semua file yang berekstensi *.COM. File yang umum diserang adalah command.com dengan subyek penyerang bernama virus Lehigh. Selain menyerang *.COM, virus pada masa itu juga telah mampu menyerang file .*EXE, seperti virus Suriv-02. Selain virus, worm juga tidak mau ketinggalan menyemarakkan serbuan virus ke sistem komputer ketika itu. Tercatat dalam sejarah bahwa pada tahun ini muncul istilah “The IBM Christmas Worm” sebagai imbas dari banyaknya mainframe milik IBM yang terserang worm.
Benign Virus
Sebutan bagi virus “main-main”. Jenis virus ini tidak menyebabkan kerusakan. Gangguan yang ditimbulkannya berkisar dari munculnya tulisan “Peace on Earth” secara acak pada layar monitor, hingga munculnya suara setiap kali sebuah tombol dipencet. Biasanya jenis virus ini hanya mengganggu kinerja komputer kita secara kecil.

Cluster Virus
Virus yang memodifikasi entry dari direktori tabel sehingga virus ini akan aktif, sebelum program-program yang lain. Kode virus ini hanya terdapat pada satu lokasi tetapi bisa menginfeksi seluruh program yang terdapat pada komputer yang diserangnya.

E-Mail Virus
Virus yang dikirimkan sebagai file lampiran pada e-mail, virus baru akan bekerja dan menginfeksi jika kita membuka file attachment tersebut. Sebagian besar adalah virus Macro yang menyerang aplikasi Microsoft Word, biasanya file virus tersebut berekstensi .exe. Contohnya seperti virus Worm.ExploreZip.

Selain virus ada istilah lain yang mendefinisikan virus yaitu worm. Worm sebenarnya merupakan singkatan dari virus Workstation. Worm merupakan program yang dapat mereplikasi dirinya dengan menggunakan media komputer. Sifatnya dekstruktif terhadap disk dan memori juga menyebabkan kerusakan pada sistem dan memperlambat kinerja komputer dalam mengaplikasi sebuah program.

OK, itulah jenis-jenis virus umum yang terdapat dalam komputer. Selanjutnya akan dibahas salah satu virus yang cukup mengganggu dalam komputer, yaitu virus redlof. Nama redlof merupakan kebalikan dari kata folder. Memang bisa dikatakan ada hubungannya. Mau tahu …? silahkan bacanya diteruskan….

Virus redlof sebenarnya mempunyai banyak varian. Tapi pada umumnya virus redlof mengganggu kinerja file-file yg berhubungan dengan web-scripting, yaitu HTML, PHP, ASP, dan lain-lain.
Mungkin diantara pembaca pernah menemukan didalam komputernya terdeteksi virus redlof, dan diantaranya kebanyakan terdeteksi pada file folder.htt. Lalu mungkin diantara pembaca akan menyimpulkan bahwa komputer yg memiliki folder.htt itu di identifikasikan sebagai virus, tetapi sebenarnya bukan. File folder.htt merupakan file yang mempunyai informasi tentang folder, yg sebenarnya mendukung pengaksesan isi suatu folder dari explorer. Tapi mengapa terdeteksi sebagai virus? Mungkin itu pertanyan timbul dibenak pembaca. OK, sebenarnya file folder.htt itu memiliki perintah-perintah yang berbasis web-scripting yang memberikan fungsi suatu folder. Jadi bila pembaca menemukan file folder.htt terdeteksi virus redlof sebenarnya file folder.htt bagi virus redlof merupakan trigger (pemicu) yang membuat virus redlof menyebar ke dalam file-file berekstensi web-scripting lainnya. Dengan begitu kita dapat katakan bahwa virus redlof termasuk jenis cluster virus.

Untuk menghilangkan infeksi dari virus redlof dapat dikatakan tidak mudah walau mempunyai antivirus, apalagi buat yang tidak pernah meng-update definition virus list-nya. Akan menyebabkan si antivirus memberikan solusi untuk menghapus file yg terinfeksi, tapi sebenarnya kita dapat menyelamatkan file yg terinfeksi tersebut. Saya akan memberikan suatu trik untuk menghilangkan infeksi virus redlof.

Untuk mengetahui suatu folder sudah terinfeksi virus redlof buka saja file folder.htt dengan cara melalui jendela explorer, klik kanan pada ruang isi folder (bukan pada foldernya), lalu pilih customize this folder. Lalu akan terbuka isi folder.htt pada text editor (tergantung pembaca menentukan default text editornya). Bagi teman-teman yg mengerti tentang web-scripting, akan terlihat kode-kode yg tidak jelas / mencurigakan yaitu bahasa planet… eh bahasa virus. Dan pada umumnya virus redlof itu dibuat dari bahasa vbscript. Karena disitu akan terlihat tag script pembuka buat vbscript diantara kode-kode yg ada.

Sebenarnya untuk menghilangkan infeksi virus redlof itu tinggal menghapus kode-kode yg mencurigakan itu. Selanjutnya di save. Selesai…. Begitu juga untuk file-file yg berekstensi web-scripting yg teridentifikasi sebagai virus. Cara menghilangakan sama dengan diatas. Ingat sebelum melakukannya disable-kan dulu antivirusnya, dan utamakan folder.htt nya terlebih dahulu karena itu triggernya.